Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas

Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, Rabu, 4 Desember 2019, Dibas Pendidikan Kab. Musi Rawas menggadakan Sosialisasi Aplikasi BOS Non Tunai (cashless). Kegiatan ini merupakan pilot project pada 12 sekolah (7 SD dan 5 SMP) sebelum dilaksanakan tahun 2020. Kegiatan tsb difasilitasi oleh Bank Sumsel Babel dan acara dibuka Oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Musi Rawas, Hartoyo. M.Pd. Nara sumber dari Bank Sumsrl Babel, Ibu Yulia,dkk menyamapaikan secara teknis pemanfaatan aplikasi Bos Non Tunai.

BOS Non tunai, merupakan wujud upaya untuk menibgkatkan tranaparansi anggaran sekolah dan juga membanti serkolah dalam pengadminitrasian, sehingga pe geloaan BOS akan lebih tertib dan akuntabel.
Sementara hanya 12 sekolah yang menjadi pilot project, tetapi kedepan akan dilakukan secara menyeluruh. Kepala Sekolah dan Bendahara harus login pada aplikasi tersebut dan dapat dilakukan dengan HP Android. Jadi, kepala sekolah bila tidak sedang fi sekolah pun masih dapat melakukan transaksi. Untuk mempermudah, maka sekolah harus bermitra dengan toko yg punya no rekening, begitu juga pembayaran honor guru juga ditranfer ke rekening masing masing.
Intinya, sekolah didorong untuk melakukan transaksi non tunai, bila ada kesulitan, srkolah dapat berkomunikasi dengan Bangsumsel Babel Cabpem Muara Beliti. Untuk TW 4 ini, ditargetkan sekolah sampel minimal dapat bertransaksi non tunai minimal sebesar 40% dari total anggaran yg diterima di TW 4.

Tinggalkan Komentar: